September 25, 2011

Being a Survivor


got the picture from here

Baru beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah status jejaring sosial seorang mahasiswa, tentang bagaimana caranya mengelola kuangan.
Saya belum pernah menjadi anak kost atau asrama, belum pernah jauh dari orang tua, tapi saya pernah jadi mahasiswa dan pernah punya teman-teman yang nge-kost, jadi, saya mau berbagi sedikit tips buat mahasiswa-mahasiswa baru yang tinggal jauh dari orang tua dan hanya mengandalkan jatah bulanan untuk hidup.
  1. Bikin skala prioritas,
Tentukan mana yang penting mana yang tidak dengan cara membuat pos-pos pengeluaran. Utamakan pengeluaran seperti ‘bayar kost bulanan’, ‘makan sebulan’, ‘fotokopi bahan kuliah’, ‘keperluan bulanan (sabun,make-up,shampoo, dll). Jika masih ada sisa baru masukkan ke pos pengeluaran yang lain misalnya ‘tabungan untuk skripsi’, ‘shopping’, dll.
  1. Lebih baik punya!
Kalau kamu tipe mahasiswa yang boros di salah satu pos, dalam hal ini saya beri contoh ‘makan’, cobalah untuk beli rice cooker (yang sekaligus magic jar) untuk memasak nasi sendiri, sehingga kamu hanya perlu membeli lauk saja untuk makan, dijamin akan lebih irit.
  1. Cuci sendiri
Ga jamannya lagi ‘MALES NYUCI’ kalau sudah hidup sendiri, lebih baik simpan uang jatah laundrymu, masukkan ke pos tabungan skripsi. Asal tahu saja, laundry belum tentu sebersih kalau kita mencuci sendiri loohhhh..
  1. Ajak teman
Ini juga penting! Ajak teman kamu (boleh teman kost/asrama, boleh juga teman dekat kuliah yang sama-sama lagi ‘ngirit’) untuk sama-sama melakukan tiga point di atas. Karena berdasarkan survey, orang cenderung akan lebih bersemangat melakukan sesuatu jika lingkungan ikut melakukan (liat aja tuh demo-demo ormas, pasti rame-rame kan?). Juga sebagai pengingat kalau salah 1 dari kalian ‘lupa’ menjalankan ‘misi mahasiswa cerdas keuangan’…hehehe
  1. Cari tambahan
Kalau dirasa sudah tidak begitu padat kuliahnya, juga sudah mulai stabil jadi mahasiswa (kira-kira semester 3 ke atas) coba cari tambahan pendapatan juga oke. Sekedar sharing, dulu waktu semester 4, saya mulai mengajar part time di sebuah playground, punya beberapa murid les, juga menawarkan jasa translate. Walau pertama kali mengajar dan translate hanya dapat kira-kira Rp 400.000 per bulan tapi lumayan banget, bisa buat motivasi untuk mendapat lebih lagi di kemudian hari (ssssttt, percaya atau tidak, kalau shopping pake uang hasil kerja ‘kepuasan’ yang didapat bakal DOBEL, kalau ga percaya silahkan dicoba).

Well, sekian tips singkat dari saya untuk mahasiswa-mahasiswa baru yang mampir di sini. Semoga berguna dan jangan lupa pada tujuan utama kuliah yaitu BELAJAR.

Selamat BELAJAR
Image and video hosting by TinyPic

15 comments:

l i t a said...

Susah memang. Tapi demi kebutuhan tak terduga, kita memang menyimpan sedikit dari jatah bulanan itu. Mbak juga gitu dulu waktu kuliah. Jadi nostalgia nih... *grinning*

Wiwi Arianti said...

Belajar bisa jadi ajang boros uang, sih. :/

[L]ain said...

jangan boros2in duit kiriman ortu juga

Wuri SweetY said...

Aku jg blm prnh jauh dr ortu, sekalinya jauh, ga dapet uang bulanan dari ortu tp dr si bos.

Alien Tampan said...

Tips pamungkas:
Mulai sekarang belajarlah menahan lapar.
Tips lebih pamungkas:
Kuasai jurus "Pasang Wajah Minta Ditraktir".

Dan anda akan jadi anak kostan yang patut diperhitungkan.

katils said...

oalah gak mudeng kuliah hehe org g makan bgku skolahn bingung comentx

NuellubiS said...

satu lagi, cari2 tempat2 makan gratis ato yg murah.... :p

Hans Brownsound ツ said...

wah, udah expert deh aku masalah ini.
idup jauh dari kampung halaman terus dari dulu. haha :P

Ellious Grinsant said...

suka sama point terkahir, emang saya juga lagi butuh uaaaaang, hahahaha...

Dhani said...

belajar mandiri dari sekarang, itung-2 persiapan untuk masa depan :)

Annesya said...

mbak. ntar kalo aku udah makan pake duitku sendiri, aku ajarin ya mbak... :)

Gloria Putri said...

@lita : iya, apalagi kbutuhan shopping...wkwkwk

@wiwi : hehe, tp borosnya ga akan sia2 koq :) kan dpt ilmu :)

@[L]ain : bener

@wuri : wehhh.....yg beginian niii aq juga pengennn

@alien : hahhahahahhaa

@katils : it's oke :)

@nuel : xixixixii....oke2

@hans : iya, tp km bukannya di asrama to?

@eel : buruan cari tambahan

@dhani : bener bgt

@annes : ajarin apa? shopping?

kriww said...

jadi ingat jaman kuliah deh... kinda miss those times...

kalau aku sih, sambil nyari kerja sambilan glo, lumayan :)

Gloria Putri said...

sama, aq jg dl kerja sambilan
lumayan buat kantong mahasiswa hasilnya..hehhee

Poey said...

aku sedih baca postingan yg ini...yg kulakuin malah kebalikannya,hiksss...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...