January 18, 2013

Jangan Panggil Aku Cina


Jangan panggil aku “Cina” ketika kamu bahkan tak kenal nenek, kakekku.
Jangan panggil aku “Cina” seperti kamu tak punya perasaan.
Jangan pangil aku “Cina” ketika jelas kamu tahu aku punya nama.
Jangan Panggil aku “Cina” saat yang lain tahu diri dan menghargai aku berbeda.
Jangan panggil aku “Cina” ketika kamu bahkan tak yakin ucapanmu itu benar.

Jangan salahkan aku karena aku “Cina” saat kau mengaku kau punya Tuhan pencipta yang juga menciptamu.
Jangan salahkan kalau aku “Cina” saat kau mengaku Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Jangan panggil aku “Cina” karena aku tak pernah menyebut diriku “Cina”, aku menyebutnya “Indonesia”
Jangan panggil aku “Cina” karena memang seharusnya begitu, aku “Indonesia” kamu “Indonesia”, kita sama…

....

picture from here

Saya bukan orang keturunan Cina, tak ada darah itu sama sekali, tapi saya malu ketika oleh sebagian orang orang (yang mengaku terpelajar dan pintar) pertemanan atau hubungan apapun didasarkan atas dasar suku, ras, atau bahkan agama.
Saya Indonesia, dan bukankah perdamaian dengan hidup rukun berdampingan itu indah? Meski kita berbeda..
Image and video hosting by TinyPic

13 comments:

Claude C Kenni said...

KERENNN!!!!
Like this post so much!!!!

Coba semua orang berpikiran kayak lu...ga akan ada rasialisme di dunia...

-Gek- said...

Tuhan menciptakan perbedaan biar kita bisa belajar arti toleransi. Bukan malah mengisolasi diri berdasarkan ras, suku, dsb..

Happy New Year, Mbak. postingan pertama di 2013 kah? *moga ga salah* :D

Feby Oktarista Andriawan said...

Sip-sip, anti rasisme, masyarakat di dunia harus sadar itu, jgn menilai org sbelum mengenal org tersebut lebih dalam.. Emang bnyak bgt sih org Indonesia gak ada darah cina tapi mirip cina gitu,,

Gloria Putri said...

@kenni : thanks kenni....semoga rakyat Indonesia pintar2 ya...jadi ga perlu lagi mikir rasis...
@gek : u too gek...met taun baru....n i do agree, berbeda itu indah
@feby :hehehhehe.....aq mirip cina...hehhehe...tp ini ttg "seseorang" febs...bukan aq...hehehhe

Selfish Jean said...

Hahaha. Talking about a so-said intellect who's, up until now, still can't take responsibility of his statement. Until he can live and act better than a Chinese, he is better shut his effing mouth, yes? :D

Lita said...

Aku juga paling gak suka, ada orang-orang yang membanding2kan suku, agama, ras dan kepercayaan apa pun, dan ngejelek2in, bahkan menganggap semua yang berbeda dengan mereka patut dibasmi.

Bagaimana pun kita manusia kok. Dan gak bisa minta dilahirin jadi putih, item, di agama ini atau itu. Semuanya Tuhan yang mutusin.

Gak ngerti aja. Di jaman sekarang ini, orang2 pemikirannya bukan semakin maju, malah mundur ke belakang...

Sori ya, Glo, jadi marah2. Agak esmosi, kalau baca kasus kaya gini...

Marley Lopce said...

Lama gk mampir dissini Mis glo.. very nice post, ssebuah gambaran perubahan untuk dunia. One love aja ya kan, Diff colours - one people. Semoga masyarakat indonesia khususnya lebih peka ttg hal kayak gini...

Cheers... and say no for racism..

Golda Regina said...

Ugh sebel ya kak. Tapi santai aja sama orang kayak gitu, mulut nggak pernah disekolahin emang begitu. Semangat kakak cantik :*

benu bolu said...

artikell yang cantik,,,dahh...
sama seperti kakak..yang posting...
salam kenal ya kakak...

Megi Tristisan said...

setuju, mbak kita satu Indonesia,
heheheh
salam kenal

Annesya said...

loh tak pikir kamu chinese mbak glo. tapi berhubung aku makhluk cantik yg tidak rasis, ya ga mikir rasis.

sudah jangan pedulikan mereka. mereka cuma iri dg kulit putih kita ahak ahak

Rian Ra-kun said...

agree!
mengkotak-kotakkan orang itu konyol banget

Anonymous said...

If this is your first time, follow some coffee enema [url=http://www.apsi.com.mx/scarpehoganoutlet.html]Hogan scarpe[/url]
instructions carefully. You'll nee some supplies. including an enema [url=http://www.apsi.com.mx/scarpehoganoutlet.html]scarpe Hogan[/url]
bag ora bucket, an enema [url=http://www.apsi.com.mx/scarpehoganoutlet.html]Hogan outlet[/url]
tube, and organic coffee. Find a [url=http://www.apsi.com.mx/scarpehoganoutlet.html]scarpe Hogan[/url]
comfortable place, and see for yourself if coffee enemas for migraines is a [url=http://www.apsi.com.mx/scarpehoganoutlet.html]Hogan[/url]
real solution, for a [url=http://www.apsi.com.mx/scarpehoganoutlet.html]Hogan[/url]
real medical problem.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...